News Update :

Departemen PPSDM BEM STAN 12/13

Sabtu, 16 Maret 2013

 
PPSDM adalah salah satu dari sebelas departemen yang melekat di dalam BEM STAN, yang juga merupakan salah satu dari empat departemen yang harus ada di dalam tubuh BEM sebagaimana tertuang dalam AD-ART KM STAN. Fungsi utama dari departemen ini adalah menjadi wadah peningkatan pendidikan dan pengembangan mahasiswa STAN. Hal ini tercermin dalam visi Departemen PPSDM BEM STAN 12/13 yaitu meningkatkan kemampuan akademis mahasiswa baik formal maupun informal dan menjadi fasilitator dalam pengembangan potensi mahasiswa.

Sebagai sebuah departemen yang memiliki peran vital dalam kemahasiswaan kampus, PPSDM BEM memiliki beberapa UKM dibawahnya, sehingga peran pendidikan dan pengembangan mahasiswa dapat dijalankan dari berbagai sisi. Adapun UKM dibawah PPSDM adalah:
  • SAFF (Sharia Accounting and Finance Forum) yang merupakan UKM dengan fokus ekonomi Islam dan pengenalan ekonomi syariah kepada mahasiswa. UKM ini juga menjadi penggagas dari berbagai acara nasional maupun kampus seperti: Indonesia Economic Festival (IEF) dan Universal,
  • PKAKP (Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik) yang merupakan UKM yang fokus dalam kajian akuntansi dan keuangan publik. UKM ini merupakan penggagas acara besar seperti National Accounting Carnival (NAC) dan menjadi penggagas STAN Olympic Team (SOT) yang merupakan corong bagi para cendekiawan STAN dalam mengikuti berbagai perlombaan,
  • Al-Lughoh yang merupakan UKM dengan fokus pembelajaran Bahasa Arab. Merupakan UKM penggagas kegiatan BADAR Express

Dalam menjalankan tugas utamanya, PPSDM BEM STAN 12/13 memiliki beberapa program kerja baik proyek maupun kegiatan rutin, yaitu antara lain:
  • ICU (Intensive Care Unit)
    Merupakan kegiatan tentir khusus bagi mahasiswa STAN Pajak dan Akuntansi dengan IPK dibawah 3,00. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini bekerjasama dengan IMMSI, Panda HIMAS, UMMP, dan P&K IMP, dan lembaga sekretariat STAN,
  • PIM (Pekan Ilmiah Mahasiswa)
    Adalah kegiatan lomba karya tulis yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Lembaga STAN,
  • Kredit Pendidikan non Akademis
    Proyek PPSDM BEM untuk mengupayakan adanya reward resmi dari Lembaga bagi mahasiswa STAN yang aktif di organisasi dan kepanitiaan,
  • TOEFL (preparation and Test)
    Merupakan proyek peningkatan TOEFL bagi segenap mahasiswa STAN yang dilaksanakan oleh PPSDM bekerjasama dengan SEC (STAN English Club)
  • Career Expo
    Adalah sebuah kegiatan berupa talkshow terkait penempatan dan jenjang karir Kementrian Keuangan, juga mengundang berbagai instansi keuangan baik KemenKeu maupun non-Kemenkeu. Kegiatan ini bekerjasama dengan PSDM All HMS.
  • LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
    Kegiatan yang dibuat khusus untuk para pengurus BEM diawal kepengurusan, untuk menyiapkan para BEMers dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun kepengurusan.
  • English Day dan Conversation Club
    English Day adalah kegiatan rutin dua pekan sekali untuk internal pengurus BEM. Conversation Club yang mengundang perwakilan tiap department/biro untuk melatih kemampuan berbicara Bahasa Inggris.
  • CST (Communication Skill Training)
    Merupakan proyek bersama Huminfokom HIMAS yang mengajak mahasiswa STAN untuk melatih kemampuannya dalam public speaking. Kegiatan ini terdiri dari training dan seminar, serta berbagai perlombaan.
  • IEF (Indonesia Economic Festival)
    Merupakan proyek bersama SAFF yang merupakan rangkaian kegiatan dari seminar, talkshow, LKTI, dan workshop kewirausahaan. Semua kegiatan ini bertujuan untuk membumikan ekonomi syariah.

Peran vital PPSDM BEM ini, dengan segala program kerja dan dinamikanya, diampu oleh enam pengurus struktural PPSDM sebagaimana dibawah ini:
Hakikatnya, PPSDM BEM merupakan sebuah wadah yang mengajak segenap mahasiswa STAN untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas diri, namun semua itu tidak akan terwujud tanpa kerjasama dan kemauan seluruh civitas akademika.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright aktiviskampus 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.